Pengertian SPA dan Manfaat

Pengertian SPA dan Manfaat
Pengertian SPA dan Manfaat

Pengertian SPA dan Manfaat – SPA (SOLUS PER AQUA) Istilah SPA, berasal dari kota SPA di Belgia, secara tradisional digunakan untuk menunjuk sebuah tempat di mana air yang diyakini memiliki sifat menyehatkan terdapat. Spa biasanya adalah sebuah pemandian air panas atau mineral (1 November 2011, wikipedia.org).

Dari asal kata SPA (Solus Per Aqua) yang berasal dari bahasa latin memiliki arti Solus (pengobatan/perawatan), Per (dengan), Aqua (air). Sehingga SPA berarti suatu sistem penyembuhan dengan menggunakan air.

SPA dalam pelayanan kesehatan adalah treatment yang mencakup promotif dan preventif. SPA disini lebih diarahkan untuk perawatan yang mencakup body (fisik), mind, spirit, supaya tercapai kedamaian dan relax (kenyamanan).

SPA adalah suatu upaya kesehatan tradisional dengan pendekatan holistik, berupa perawatan menyeluruh menggunakan kombinasi keterampilan hidroterapi, pijat, aromaterapi, dan di tambahkan pelayanan makanan, minuman sehat serta olah aktivitas fisik (Permenkes 1205/X/2004 spa).

Adapun manfaat dari SPA adalah sebagai berikut:

a. Meningkatkan pertumbuhan fisik dan perkembangan mental

Saat lahir, otak bayi memiliki sedikit informasi tentang bagaimana untuk bergerak di lantai karena dia tidak pernah memiliki pengalaman itu. Namun, bayi sudah memiliki tujuh bulan informasi tentang bagaimana rasanya bergerak dalam lingkungan berair. Memberikan kesempatan bagi bayi untuk bergerak di dalam air adalah cara yang ideal untuk mengembangkan tubuh sehingga memperkuat ekstremitas (lengan, tangan, kaki, jari-jari). Selain itu memperkenalkan bayi ke air dapat membantu menghindari pengalaman traumatis dalam air.

b. Meningkatkan perkembangan sensorik

Dalam lingkungan air tubuh neonatus terapung dan jalur sensorik semua bayi berkembang, seperti penglihatan, pendengaran, perasaan, rasa dan sensasi bau. Untuk alasan ini, sangat penting bahwa mereka memiliki kesempatan untuk berenang sejak hari pertama kehidupan atau sesegera mungkin.

c. Meningkatkan kepercayaan diri

Berdasarkan teori yang ada, melakukan terapi baby spa selama 1 tahun akan membuat si kecil terlihat lebih ceria dan penuh percaya diri.

  • Meningkatkan kapasitas paru-paru, memperkuat jantung
  • Meningkatkan berat badan
  • Stimulasi mental, sirkulasi darah untuk pertumbuhan otak dan meningkatakn IQ
  • Membangun sistem saraf, mengurangi stress, membantu agar anak tidur dengan teratur.
  • Meregangkan otot, meluruskan struktur tubuh dan persendian setelah lahir.
  • Aerobik, memperkuat jantung, menambah nafsu makan.
  • Terapi untuk bayi prematur dan bayi dengan ikut serta ( bayi kuning )
  • Kenyamanan lingkungan bagi bayi yang tinggal 7-9 bulan di dalam air, di atas tanah.

Leave a Reply